Apa Perbedaan Broker dan Agen Asuransi ?

Apa sih perbedaan antara Agen dan Broker Asuransi dalam dunia perasuransian ?. Seiring berjalannya waktu, kebutuhan akan perlindungan harta dan jiwa dalam bentuk asuransi semakin melonjak. Akan tetapi, tantangan yang terjadi adalah tidak cocoknya apa yang nasabah butuhkan dengan manfaat asuransi yang diterima oleh nasabah. Belum lagi soal premi bulanan yang dibayarkan cukup membuat nasabah berteriak.

Apa Perbedaan Broker dan Agen Asuransi ?
Apa Perbedaan Broker dan Agen Asuransi ?

Pada zaman yang modern ini, asuransi menjadi suatu kebutuhan bagi orang banyak. Kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi semakin besar, karena masyarakat telah sadar bahwa dengan mengikut sertakan dirinya dan keluarga untuk berasuransi, berarti mereka telah terbebas dari resiko yang mungkin akan mengancam banyak hal seperti resiko harta benda yang dimiliki, kesehatan, dan bahkan jiwa.

(Baca: Asuransi Jiwa Syariah di Indonesia)

Perlindungan asuransi pada umumnya bersifat proteksi keuangan, yang artinya jika seseorang telah menjadi peserta program asuransi maka ketika terjadi suatu kerugaian atau resiko terhadap objek yang telah diasuransikan maka tentu saja orang tersebut akan terbebas dari resiko finansial, karena tidak harus mengeluarkan biaya pribadi untuk kerugian tersebut. Resiko atas kerugian tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi seusia dengan perjanjian di awal.

Peran Broker Asuransi vs Agen Asuransi

Kembali lagi ke pembahasan awal, broker asuransi adalah suatu badan yang dibentuk dengan tujuan membantu nasabah asuransi agar bisa mendapatkan hak – haknya secara optimal dari perusahaan asuransi temapt nasabah tersebut terdaftar dan memiliki polis yang resmi. Broker asuransi disini adalah sebagai badan yang melindungi kepentingan nasabah secara luas. Broker asuransi langsung dibentuk oleh pemerintah, atau dalam arti lain merupakan wujud dari penyambung tangan pemerintah dalam hal memberikan jaminan dan perlindungan kepada nasabah asuransi di suatu negara.

Sedangkan agen asuransi adalah perseorangan yang memiliki mandat, ditunjuk, dan bekerja untuk kepentingan professional. Serta mewakili perusahaan asuransi dalam hal mempresentasikan produk – produk yang menjadi layanannya. Sebagai contoh adalah, agen asuransi allianz tengah mempresentasikan produk – produk Asuransi Jiwa Allianz. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply