7 Cara Mendapatkan Modal Usaha

Masalah utama seorang pelaku bisnis adalah bagaimana caranya mendapatkan modal usaha dan kepercayaan dari pemilik modal. Setinggi apapun pangkat yang anda raih, jika karyawan akan tetap menjadi karyawan. Berbeda dengan sekecil apapun usaha yang anda jalankan, maka anda adalah bosnya. Itulah kutipan kalimat Mutiara dari Bob Sadino.

7 Cara Mendapatkan Modal Usaha
7 Cara Mendapatkan Modal Usaha

Dengan bius semangat berwirausaha dari Bob Sadino. Akhirnya memaksa dan menggairahkan masyarakat baik di kota maupun desa untuk memulai kegiatan wirausahanya. Banyak dari masyarakat berlomba-lomba untuk memulai bisnis yang bisa menghasilkan keuntungan dan bisa berdiri dengan waktu yang lama. Sehingga bisa menggantikan pekerjaannya saat ini yang hanya menjadi pekerja atau karyawan.

Strategi Mendapatkan Modal Bisnis

Dengan tingginya semangat masyarakat untuk berwirausaha, tentunya pasti akan bertemu dengan permasalahan yang sangat penting, modal usaha. Tidak sedikit masyarakat akhirnya mengurung niatnya untuk berwirausaha karena tidak memiliki modal untuk menjalankan bisnisnya.

(Baca: 13 Peluang Usaha Dengan Modal Kecil)

Berikut dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar bisa mendapatkan tambahan modal untuk menjalankan bisnis anda.

1. Menabung dan Menggunakan Tabungan

2. Menjual Aset atau Barang untuk Modal

3. Menggadaikan Aset atau Barang untuk Modal

4. Mencari Investor

5. Mencari Dana Hibah

6. Menjalin Kerjasama

7. Hindari Meminjam Uang

Jika anda melihat 7 poin diatas, terdapat himbauan untuk menghindari meminjam uang. Mengapa ? jika anda telah memiliki pengalaman dalam berbisnis dan matang dalam mengatur keuangan, serta tahu beragam resiko yang akan dihadapi. Maka, meminjam uang mungkin tidak akan menjadi soal.

Berbeda ketika anda masih belum mengetahui apapun tentang bisnis, minim pengalaman, tidak bisa mengatur keuangan. Maka, yang ada hanyalah anda akan terlilit hutang. Sehingga, tujuan awal usaha anda diberdirikan akan menjadi tidak optimal. Sama halnya ketika anda memiliki kemampuan sebagai Guru Mandarin dan membuka kursus Bahasa. Anda tahu segala sesuatu tentang bisnis tersebut, dan potensi muridnya. Maka mencari modal dengan cara hutang pun tidak menjadi soal.

Leave a Reply