5 Daftar Perusahaan Asuransi Indonesia

Perkembangan bisnis Asuransi Indonesia kian tumbuh pesat. Pemanfaatan teknologi serta pertumbuhan industri digadang-gadang menjadi salah satu sumber tingginya kebutuhan masyarakat serta kaum milenial untuk memiliki asuransi. Tetapi, apakah milenial mengetahui berbagai jenis asuransi yang ada di Indonesia ini ?

5 Daftar Perusahaan Asuransi Indonesia
5 Daftar Perusahaan Asuransi Indonesia

Seperti yang dilansir dari Wikipedia, bahwa persauhaan asuransi yang ada di Indonesia secara umum terbagi menjadi 5 macam. 5 kategori ini dibagi berdasarkan kelompok risiko yang telah diterbitkan oleh OJK / Otoritas jasa keuangan per tanggal 31 Desember 2015 yang lalu.

5 Jenis Asuransi yang ada di Indonesia

Lima jenis Persuahaan asuransi ini dikelompokan berdasarkan aturan dari Otoritas jasa keuangan, apa saja 5 jenis asuransi itu ?

Perusahaan Asuransi Umum

Asuransi umum berbeda dengan asuransi jiwa, asuransi umum atau general insurance akan memberikan perlindungan terhadap terjadinya kerugian ekonomi atas kerusakan ataupun hilangnya suatu aset. Saat ini perusahaan asuransi umum di Indoensia berjumlah 76 perusahaan.

Perusahaan Asuransi Jiwa

Sementara itu, asuransi jiwa memberikan perlindungan atas resiko finansial yang terjadi pada setiap nasabah yang terdaftar. Asuransi jiwa akan memproteksi hilangnya sumber penghasilan ketika nasabah tersebut meninggal atau dinyatakan tidak dapat bekerja lagi. Ada sebanyak 50 Perusahaan Asuransi Jiwa di Indonesia.

(Baca: Asuransi Pendidikan Terbaik Indonesia)

Perusahaan Reasuransi

Perusahaan reasuransi di Indonesia ada sebanyak 6 perusahaan. Reasuransi adalah istilah yang biasanya digunakan untuk perusahaan asuransi yang tengah melindungii dirinya sendiri terhadap suatu resiko asuransi dengan cara memanfaatkan jasa dari persuahaan asuransi lainnya.

Perusahaan Asuransi Wajib

Ada sebanyak 3 perusahaan wajib di Indonesia, persuahaan tersebut antara lain PT ASABRI, PT Jasa Raharja, dan PT Taspen.

Perusahaan Asuransi Sosial

Sementara itu, perusahaan asurnasi Sosial ada sebanyak 2 persusahaan yakni BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

Dari 5 jenis kategori asuransi tersebut, setidaknya anda telah memiliki gambaran tentang asuransi apa yang akan anda ambil untuk memproteksi anda, keluarga, dan juga aset berharga anda. Anda juga dapat memulai dengan cara menghubungi Agen Asuransi Jiwa Allianz untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik.

Leave a Reply